rumahku-1: tips cara tanam rumput gajah mini

Pages

menu

Monday, January 14, 2013

tips cara tanam rumput gajah mini

tips cara tanam rumput gajah mini.



tips cara tanam rumput gajah mini
gambar 1. rumput gajah mini. Gambar rumput gajah mini, pada gambar 1 penanaman rumput gajah mini dengan model tanah dikontur.
tips cara tanam rumput gajah mini
gambar 2. bibit rumput gajah mini. Contoh bibit rumput gajah mini yang siap ditanam.

Untuk mempercantik halaman rumah bisa ditanami dengan rumput gajah mini.

Salah satu manfaat rumput gajah mini adalah mampu menahan rumput-rumput liar lainya.

Berikut ini cara sederhana untuk menanam rumput gajah mini :

1. 1 m2 bibit rumput gajah mini bisa ditanam untuk 6 - 8 m2. ( harga rumput gajah mini, untuk bibitnya dipenjual rumput gajah mini yang membudidaya rumput gajah mini, harga bibit rumput gajah mini dijual antara 30.000 - 50.000 rupiah. )

2. Gemburkan tanah dan ratakan, supaya saat tumbuh bisa rata. Bila ingin variasi tanahnya bisa dikontur sesuai selera. Cara mengkontur tanah cukup dengan menambahkan atau mengurangu tanah.
( kontur = tinggi rendahnya ukuran tanah ).

3. Pupuk rumput gajah mini. Beri pupuk kandang. Untuk 25 kg pupuk kandang sapi atau ayam bisa untuk 10 m2. Sebaiknya pupuk kandang yang sudah kering supaya aromanya tidak menyengat. Selain itu bila pupuk belum kering, akan mengakibatkan tanaman sempat layu dan stak tumbuhnya.

4. Siram dengan air sebelum ditanam, supaya pori-pori tanah basah semua. Banyaknya intensitas penyiraman tergantung dari kondisi tanah sebelum disiram. Kalo keadaan tanah terlalu kering sebaikanya disiram dua atau tiga kali, bisa sebelumnya tanah suda agak basah cupuk sekali saja. Selain supaya pori-pori tanah basah, penyiraman ini dilakukan supaya mudah saat kita memasukan tananam ketanah

5. Lepaskan rumput dari gerobolan, pastikan setiap bibit ada akarnya. Untuk menghemat bibit, anda bisa melepaskan bibit dari bagian gerobolan rumput. Bila gerobolan rumput terlalu banyak, biasanya pola tumbuhnya tidak bisa merata. (Gambar rumput gajah mini diatas adalah salah satu bibit rumput gajah mini yang siap ditanam.)

6. Jarak antar bibit maksimal 8 x 8 cm, setiap bibit minimal 3 - 4 buah bibit rumput. Jarak 8x8 cm ideal yang biasa ditanam. Bila anda ingin merapatkan atau melonggarkan bibit perbedaanya adalah cepat lambatnya permukaan tanah akan tertutupi rumput gajah mini. Konsekuensinya dengan sedikit atau banyaknya jumlah bibit.

7. Setelah tertanam semua, siram lagi dengan air dan pastikan basah semua. Proses ini dilakukan, karena biasanya setelah penanaman rumput gajah mini, ada bagian tanah yang nongol keluar. Tanah nongol ini cenderung kering duluan, selain itu untuk meratakan pola tanam kita.

8. Bila cuaca panas siram dua kali sehari, jika tidak minimal sore hari disiram. Untuk kondisi tanah lembab saat musim hujan,  penyiraman bisa dikurangi lagi.

 9. Pupuk pertama, pupuk rumput gajah mini pertama sekitar dua minggu, rumput mulai tumbuh, beri urea 0,5 kg untuk luasan 10 m2. Saat mepupuk rumput gajah mini, sebaiknya urea diencerkan diair baru disiramkan.

10. Pupuk kedua, pupuk rumput gajah mini kedua saat umur rumpu gajah mini 1,5 bulan diberi urea lagi. Dosis sama poin 9.

11. Apabila merasa tanah terlalu keras karena pemupukan urea, bisa ditambah dengan pupuk TSP sekitar 0,5 kg untuk 10 m2.

12. Salama tumbuh bersihkan rumput-rumput liar. Merawat rumpu gajah mini dari rumput-rumput liar bisa dilakukan 2 minggu sekali atau tergantung dari kondisi rumput liarnya.

13. Sekitar 3 - 4 bulan, semua sudah tertutup rumput. 

14. Perawatan rumput gajah mini. 
Cara merawat rumput gajah mini secara berkala 3 bulan sekali dengan cara membersihkan rumput liar dan mengurangi gerombolan rumput gajah mini. Karena bila rumput gajah mini terlalu padat, daunya cenderung mengecil dan daun rumput gajah mini kering dibagian pinggir-pingirnya.

15. Pengairan dan pencahayaan rumput gajah mini.
 Pengairan rumput gajah mini bila sudah tumbuh bisa disiram 2 minggu sekali.  Pencahayaan rumput gajah mini, bila kurang cahaya matahari, rumput gajah mini pada daunya cenderung lebih tinggi, bila cukup sinar matahari daunya cenderung pendek melebar rata.

16. Cara menanam rumput gajah mini kurang lebih dengan cara menanam rumput jepang, Bedanya kalo menanam rumput jepang, pada saat penanaman bibitnya cenderung lebih banyak. Kalo rumput gajah mini cukup 2 atau 3 anakan bibit.

17. Semoga bermanfaat.

Demikian tips cara tanam rumput gajah min, semoga bisa diaplikasikan bagi yang ingin menanam rumput gajah mini.

No comments:

Post a Comment

Perhatian
Mohon tinggalkan komentar seteleh membaca.
Komentar apapun kami hargai dengan bahasa yang sopan dan bukan spam.