rumahku-1: tips membeli tanah untuk rumah sederhana minimalis

Pages

menu

Saturday, January 12, 2013

tips membeli tanah untuk rumah sederhana minimalis

tips membeli tanah untuk rumah sederhana minimalis

Berikut ini tips cara membeli tanah yang akan segera dibangun rumah sederhana minimalis.

1. Jalan yang memadai. Jika jalan sempit dan trek material tidak bisa masuk, ini akan menambah biaya pembangunan rumah.

2. Jaringan listrik. Pastikan tanah yang akan dibeli ada tiang listriknya, karena bila jauh akan susah pasang PLN. Bila pasang PLN dari rumah kerumah, maksimal anda rumah ke lima (5).

3. Jaringan air. Pastikan rumah yang akan bangun bisa mendapatkan saluran air. Kalaupun tidak ada jaringan air, pastikan ada sumber air, baik dari sumur biasa ataupun sumur bor.

4. Posisi tanah. Sebaiknya jangan memilih tanah rawa, karena biasanya harga pengurukan lebih tinggi dari harga tanah. Lebih baik posisi agak tinggi, karena biayanya cenderung murah daripada harus cari tanah urug.

 5. Surat menyurat. Kalo bisa surat tanah sudah sertifikat, syukur kalo sertifikatnya sudah dipecah. Bila tanah suratnya masih pelepasan hak atau PPAT biasanya butuh waktu paling cepat tiga bulan untuk dijadikan sertifikat.

6. PBB. Sebaiknya PBB sudah dalam keadaan lunas. Jika belum pada saat proses balik nama sertifikat harus melunasi PBB terhutang.

7. KPR Bank. Jika ingin membangun rumah pake program KPR, pastikan disekitar tanah yang akan dibangun bisa disetujui oleh Bank pemberi KPR.

8. Cicilan KPR. Jika anda seorang karyawan, dan ingin membeli via KPR, maksimal yang disetujui adalah 40% dari nominal gaji tiap bulan.

Demikian tips cara membeli tanah untuk rumah sederhana minimalis, ini semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Perhatian
Mohon tinggalkan komentar seteleh membaca.
Komentar apapun kami hargai dengan bahasa yang sopan dan bukan spam.